Sungai Terbesar dan Terpanjang di Dunia




Sungai atau disebut juga dengan kali atau begawan adalah aliran air di permukaan besar dan terbentuk memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Selain itu, sungai juga merupakan tempat mengalirnya air secara grafitasi menuju tempat yang lebih rendah. 

Arah aliran sungai juga berbeda-beda, disesuaikan dengan sifat air mulai dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sungai bermula dari gunung atau dataran tinggi menuju ke danau atau lautan. 

Tapi, tahukah kamu ada beberapa sungai yang dinobatkan sebagai sungai terbesar dan terpanjang di dunia? Tenang, untuk kamu yang baru tahu dan ingin mengetahuinya, berikut kami telah merangkum daftar sungai terbesar dan terpanjang di dunia.

1. Sungai Nil 

Sungai terbesar di dunia yang pertama adalah sungai Nil, sungai yang berlokasi di Afrika timur ini memiliki panjang mencapai 6.693 km dengan saluran pembuangan yang sangat luas. 

Panjang sungai nil bahkan mampu melewati 11 negara dan menjadi sumber mata air utama untuk negara Mesir serta Sudan. Selain itu, sungai nil juga termasuk dalam bagian sejarah. Sejak zaman Mesir kuno, kehidupan orang-orang Mesir telah bergantung pada sungai yang satu ini. 

2. Sungai Amazon

Sungai dengan panjang sekitar 6.400 km ini terletak di Amerika Serikat. Selain dijuluki dengan sungai terpanjang kedua dunia, sungai Amazon juga mendapat julukan sungai terbesar di dunia dengan lebar 1,6-10 km, bahkan lebarnya ini masih bisa ditambah hingga 48 km. 

Oleh karena besarnya dimensi sungai Amazon ini membuatnya dijuluki sebagai Laut Sungai. 

3. Sungai Yangtze Asia 

Sungai Yangtze Asia atau dikenal juga dengan Sungai Chang Jiang ini memiliki panjang sekitar 6.300 km atau 3.917 mil. Sungai terpanjang di dunia ketiga ini terletak di daratan tinggi Qingthai-Tibet atau tepatnya terletak disebelah timur laut China. 

Debit airnya yang besar, menjadikan sungai yang satu ini dimanfaatkan untuk kebutuhan warga seperti sanitasi, transportasi, industri, dan manfaat lainnya. 

4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi memiliki panjang mencapai 3.734 km dan aliran sungai yang satu ini mampu mengairi beberapa sungai lain seperti sungai lllinois, St.Croix, Wisconsin, Minnesota, Ohio, Missouri, sampai Arkansas. 

Derasnya sungai yang berada di Amerika Seikat ini menjadi perhatian masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada dengan kehadiran hewan liar (aligator).

5. Sungai Yenisel Angara

Sungai yang berada di Rusia ini mengalir hingga ke Samudra Arktik dengan panjang mencapai 3.438 km. Sungai Yenisel Anggra dijuluki sungai terpanjang di dunia lantaran debit air sungainya yang mengalir keluar hingga sampai ke pusat Siberia. 

Sungai Yenisei merupakan sungai terbesar di Rusia dengan karakter air yang keruh dan terdapat campuran salju, air hujan, serta air tanah. 

6. Sungai Kuning

Sungai Kuning memiliki panjang sekitar 5.464 km atau setara dengan 3.395 mil. Sungai ini mengaliri 9 provinsi yang berada di China dan bermuara di Laut Bohai. 

7.  Sungai Irtysh 

Sungai terpanjang dan terbesar yang terakhir adalah sungai Irtysh, sungai ini terletak di Rusia bagian selatan dengan panjang 4.248 km. Sungai Irtysh juga memiliki akses ke Samudra Arktik sebagai sumber dari spesies ikan disana. 

Panjang dan luas sekali ya sungai-sungai yang ada diatas, maka tak heran jika 7 sungai tersebut masuk ke dalam daftar sungai terluas dan terpanjang di dunia. Setuju tidak? 

Komentar

Postingan Populer